TUGAS 1

Pelanggaran Etika

Nama : Indah Febrina
Kelas : 4EB17
NPM : 23210493

Minggu
Pagi ini aku beserta mama dan papaku pergi ke Bandung untuk mengunjungi adikku yang sedang kuliah disana. Kami sengaja berangkat pagi agar terhindar dari kemacetan, namun dugaanku salah. Awalnya aku cukup senang karena jalanan tol sangat lancar ternyata saat kami sampai dipasar sukajadi, Bandung, ternyata jalannya sudah mulai macet. Aku pikir karena itu pasar jadi banyak orang yang sedang belanja disana. Akan tetapi, penyebab sebenarnya dari macetnya jalanan dipasar sukajadi karena banyak orang yang parkir di pinggir jalan, padahal disana tertera tanda “Dilarang Parkir” namun masih banyak orang yang parkir di sembarang tempat dan telah melanggar etika berlalu lintas.

Senin
Hari ini aku bersama teman-temanku pergi ke kampus Depok untuk mengambil sertifikat. Bosan, mungkin itu yang aku rasakan setiap melewati jalanan di Jakarta, karena dimana-mana macet, macet, dan macet. Dimana-mana aku melihat pemandangan mobil-mobil dan motor-motor yang saling menyalip karena ingin cepat-cepat sampai kantor. Saat aku sedang memperhatikan jalan, tiba-tiba aku melihat ada seorang pria yang sedang berkendara sambil menelpon, mungkin telpon itu penting buat dia tapi seharusnya dia memperhatikan keselamatan dijalan raya, karena menelpon saat berkendara dapat mengganggu konsentrasi berkendara sehingga dapat membahayakan dirinya dan orang lain. Apa yang telah iya lakukan merupakan pelanggaran etika di masyarakat karena perbuatannya dapat merugikan orang lain.

Selasa
Kuliah hari ini cukup menyenangkan dan tak terasa waktunya untuk pulang. Diluar udaranya terasa sangat panas sekali, belum lagi aku harus jalan kaki untuk naik angkot. Di mobil angkot, hanya aku seorang yang menjadi penumpang angkot tersebut. Tiba-tiba di tengah perjalanan ada seorang bapak-bapak yang menaiki angkot yang sama denganku, bapak-bapak tersebut membawa sebuah es yang akhirnya ia minum, setelah ia meminum es tersebut, ia langsung membuang bungkus esnya ditengah jalan. Seharusnya bapak-bapak tersebut tidak membuang bungkus esnya sembarangan, apalagi membuangnya ditengah jalan karena jalanan bukanlah tempat sampah. Apa yang telah dilakukan bapak-bapak tersebut telah melanggar etika lingkungan karena dapat merusak lingkungan jalan raya.

Rabu
Pagi ini aku harus ke kampus karena ada mata kuliah tambahan. Tidak seperti biasanya jalanan kearah kampus macet sekali. Terutama didaerah transito, maka dari itu polisi banyak yang bertugas mengatur kendaraan agar macetnya dapat teratasi. Saat dilampu merah, tiba-tiba ada seorang anak muda yang ditilang polisi, dia ditilang polisi karena menyerobot lampu merah. Daerah tersebut memang selalu banyak polisi yang berjaga, memang hampir setiap hari orang-orang yang melewati daerah itu selalu ditilang. Apa yang dialami oleh anak muda tersebut seharusnya menjadi pelajaran bagi para pengendara motor agar selalu menaati peraturan dan etika berlalu lintas.

Kamis
Sore ini aku harus mengantar mamaku karena sebuah urusan. Saat di perjalanan pulang, aku melihat ketiga anak kecil sedang merokok dipinggir jalan. Aku dan mamaku sampai menggelengkan kepala karena anak yang masih di bawah umur sudah merokok yang seharusnya hal itu dilakukan oleh bapak-bapak. Entah orang tuanya tahu atau tidak, bahwa anak-anak mereka sudah merokok. Kasihan, itu yang terbenak pikiranku, seharusnya anak-anak seumur mereka sedang asyik-asyiknya bermain tapi mereka malah sedang asyik-asyiknya merokok. Perbuatan yang mereka lakukan telah melanggar etika sosial dan seharusnya mendapat perhatian dari orang tua dan masyarakat disekitarnya.

Tinggalkan Balasan

