Analisis Dampak Shutdown Amerika

Amerika kembali dilanda krisis. Kali ini Amerika mengalami penghentian layanan pemerintahan (shutdown). Dampaknya adalah kantor-kantor di AS harus kehilangan pendapatan rata-rata sekitar 160 juta dollar AS (sekitar Rp. 1,84 triliun) setiap harinya.

Seperti dikutip dari Bloomberg, kerugian tersebut akibat penutupan kantor akibat penghentian layanan pemerintahan AS. Padahal, potensi ekonomi yang berputar setiap hari di AS mencapai 15,7 triliun dollar AS setiap hari. Berdasarkan laporan tersebut, selama delapan hari setelah penghentian layanan pemerintahan AS, kantor-kantor di AS berpotensi kehilangan pendapatannya hingga 1,6 miliar dollar AS.

            Shutdown pemerintahan AS juga menyebabkan beberapa perusahaan besar dan kecil terpaksa memangkas untung perusahaan hingga ke level terkecilnya. Tentu saja hal ini akan berdampak pada pelambatan ekonomi negara adidaya tersebut.

Sekitar 800.000 karyawan yang diberhentikan sementara akibat shutdown tersebut, kini sudah ada 350.000 karyawan yang dipekerjakan kembali, dengan jadwal pembayaran tetap. Begitu juga dengan karyawan militer aktif di sana.

Di sisi lain, shutdown Pemerintah AS ini juga memaksa perusahaan yang menjadi anggota Asosiasi Kontraktor Nasional AS menunda perekrutan karyawan karena masalah kebuntuan bisnis.

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2013/10/14/1849574/.Shutdown.AS.Kehilangan.Pendapatan.Rp.1.84.Triliun.Per.Hari

Indah Febrina
4EB17
23210493

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s