Apindo: Gaji Buruh Rp2,4 Juta Lebih Besar dari PNS!

JAKARTA – Pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menilai permasalahan mengenai Upah Minimum Provinsi (UMP) buruh akan terus menghadapi pertentangan. Pasalnya gaji Rp2,4 juta yang diterima buruh lebih besar dengan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Kalau kita bicara masalah PNS yang paling rendah itu golongan 1A itu Rp1,2 juta dengan UMP Rp2,4 juta ini sama dengan 3C, artinya seorang sarjana yang berpengalaman sekian tahun, gajinya sama dengan buruh. Ini enggak fair,” ungkap Wakil Ketua Apindo Anton Supit dalam sebuah diskusi di Warung Daun Cikini, Jakarta, Sabtu (2/11/2013).

Anton menjelaskan, dalam penetapan UMP 2014 harus melihat dari segi nasional juga, meskipun dia setuju bahwa sebagian kaum buruh merupakan kaum marjinal. “Buruh menderita saya setuju, marilah kita perbaiki. Tetapi janganlah kita merusak dimana tempat kita hancurkan, apakah hal itu bisa lebih baik,” tambahnya.

Menurut Anton, seharusnya buruh bersyukur telah mendapatkan pekerjaan. Menurut data saat ini, sekira 40 juta masyarakat Indonesia saat ini masih belum memiliki pekerjaan. “Jadi lebih baik bekerja daripada pemutusan hubungan kerja terus terjadi,” tegasnya.

Namun, dengan permasalahan yang tidak pernah usai, Anton tidak menutup mata bahwa permintaan buruh sangat rasional meminta kenaikan gaji. Namun, meminta kenaikan gaji pun harus dilihat dari sektor industrinya.

“Sangat wajar bila buruh meminta kenaikan upah, khususnya kepada perusahaan besar atau tergolong industri padat modal. Tetapi untuk usaha padat karya, sangat sulit untuk merealisasikan tuntutan kenaikan gaji buruh sebesar 50 persen,” tukas dia.

Analisis :

Menurut saya wajar saja apabila buruh meminta kenaikkan UMP, apalagi seperti kita ketahui bahwa kehidupan di Jakarta rata-rata semuanya serba mahal contohnya biaya pendidikan. Apabila dibandingkan dengan gaji PNS, mungkin gaji buruh memang cukup besar, namun apabila dihitung dengan tunjangan yang PNS dapatkan sebenarnya gaji PNS lebih besar dan hidup mereka lebih terjamin.

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2013/11/02/320/890979/apindo-gaji-buruh-rp2-4-juta-lebih-besar-dari-pns

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s