Inflasi Rendah, Suku Bunga BI Bakal Bertahan

JAKARTA – Tingkat inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Oktober sedikit meningkat menjadi 0,09 persen secara month-on-month (mom). Hasil ini lebih rendah dari konsensus dan harapan para analis.

Ekonom PT Bank Danamon, Dian Ayu Yustina, mengungkapkan bahwa rendahnya inflasi ini membuat inflasi tahunan bergerak lebih rendah ke kisaran 8,32 persen dari sebelumnya 8,40 persen.

“Tanpa diduga, harga sembako masih menurun cukup, yang memberikan kontribusi deflasi sekitar 0,15 persen dari inflasi total. Meskipun, pada bulan sebelumnya deflasi yang signifikan di 0,76 persen,” kata dia kepada Okezone, Sabtu (2/11/2013).

Rendahnya inflasi Oktober, menyebabkan inflasi year to date berada di kisaran 7,66 persen. Dengan dua bulan tersisa sampai akhir tahun, secara historis inflasi pada November dan Desember diperkirakan sekitar 0,3-0,7 persen. “Ini berarti inflasi akhir tahun dapat berada di bawah 9 persen, atau kami proyeksikan dapat mencapai 8,7 persen,” tambahnya.

Selain itu, dia menilai inflasi inti juga relatif stabil di 4,73 persen dan bisa berada di bawah 5 persen pada akhir tahun itu berarti sedikit tekanan dari sisi permintaan seiring dengan perlambatan kegiatan ekonomi .

“kebijakan masih akan diarahkan ke proses penyesuaian keseimbangan eksternal. Sementara tingkat inflasi tetap rendah, dan mungkin akan berada di bawah 9 persen pada akhir tahun, tidak akan memberikan tekanan bagi bank sentral untuk menaikkan suku bunga lebih lanjut,” tukas dia

Analisis :

Menurut saya dengan rendahnya tingkat inflasi bulan Oktober akan berdampak baik pada masyarakat Indonesia terutama kaum ibu yang setiap hari harus belanja kebutuhan sehari-hari, apabila inflasi rendah maka harga-harga kebutuhan sehari-hari pun akan mengalami penurunan, walaupun tidak dipungkiri bahwa tingkat inflasi dapat naik kembali , terutama pada saat akhir tahun.

Sumber : http://economy.okezone.com/read/2013/11/02/20/890974/inflasi-rendah-suku-bunga-bi-bakal-bertahan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s