Pelemahan Rupiah Jadi Pertimbangan UMP

JAKARTA – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta di bawah permintaan buruh sebesar Rp3,7 juga per bulan, diambil karena pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Ketua Komite Tetap Kadin Indonesia Riza Suwarta mengatakan, masalah stabilitas nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS menjadi polemik dalam penetapan upah buruh. Pasalnya, lemahnya nilai tukar menjadi penghambat daya saing perusahaan mencari laba.

“Saya melihat ada persoalan fundamental yang tidak diselesaikan pemerintah, terutama nilai tukar Rupiah,” ujar Riza dalam sebuah diskusi di Warung Daun Cikini, Jakarta, Sabtu (2/11/2013).

Riza menegaskan, ada unsur skenario kesengajaan yang membuat Rupiah terpuruk Sehingga melemahkan daya saing dan daya beli masyarakat. “Dengan kondisi itu, membuat pengusaha harus berbenturan dengan karyawannya,” tegasnya.

Padahal, lanjut Riza, pengusaha membutuhkan ketenangan dan stabilitas usaha agar dapat menyejahterakan buruhnya. “Suka atau tidak suka harus ada titik temu. Bagi pengusaha kita ikut karena harus ada stabilisasi, dan ketenangan dalam bekerja,” ucapnya.

Analisis :

Ada unsur skenario kesengajaan yang membuat Rupiah terpuruk Sehingga melemahkan daya saing dan daya beli masyarakat. Dengan kondisi itu, membuat pengusaha harus berbenturan dengan karyawannya. Padahal pengusaha membutuhkan ketenangan dan stabilitas usaha agar dapat menyejahterakan buruhnya

sumber : http://economy.okezone.com/read/2013/11/02/19/890954/pelemahan-rupiah-jadi-pertimbangan-ump

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s